Kamis, 08 Januari 2009

Rubik Cube 4x4x4 and Rubik Cube 2x2x2 has arrived

Monster ini datang tempo hari. dikenal sebagai Rubik's Revenge atau Rubik's 4x4x4. Berbeda dengan Rubik's cube (3x3x3), dalam kondisi teracak, sulit untuk menentukan warna yang seharusnya berada di sisi tertentu. Secara teori, menyelesaikan rubik jenis ini adalah:
1. Membangun warna center berdimensi 2x2 top, botom, diikuti keempat warna lainnya.
2. Menyatukan warna edge sehingga membentuk pasangan edge.
3. Menyelesaikan seperti 3x3x3
4. Menyelesaikan parity.

Dari keempat langkah tersebut, wajar jika parity dikenal sebagai monster yang sebenarnya. Alogaritma untuk menyelesaikan parity dikenal panjang dan rumit untuk setiap kasusnya. Contaoh : Parity untuk mem'flip' pasangan edge : l2 B2 l U2 l U2 (x') U2 l U2 l' U2 l U2 l2 U2 dan r2 B2 r' U2 r' U2 (x') U2 r' U2 r U2 r' U2 r2 U2

Cukup bikin males....Apalagi, dengan besarnya cube yang menyusahkan untuk fingertrick serta panjangnya alogaritma, bisa dipastikan ini akan mengkonsumsi waktu yang cukup banyak dalam speedsolving. Apalagi, kemungkinan munculnya parity adalah sekitar 50:50. Ini artinya 2 speedcuber dengan average solving yang sama bisa kalah/menang karena beruntung mendapatkan parity case.....


Okey..cukup untuk yang pusing2. Sekarang untuk yang lucu dan imut...yakni Rubik's junior 2x2x2:
Benda lucu ini, bagi beberapa orang yang belum pernah mencoba memainkannya mungkin terkesan mudah. Kenyataannya tidaklah demikian, menyelesaikan junior cube tidak banyak perbedaan dengan menyelesaikan Rubik's 3x3x3.

Alogaritma yang digunakan untuk menyelesaikan jenis rubik ini pun tidak jauh berbeda dengan alogaritma 3x3x3. Perbedaannya adalah kita tidak perlu mengkhawatirkan edge karena setiap kepingnya adalah corner.

Dalam gambar disamping bisa kita kenali bahwa Rubik's Junior keluaran Rubik's company memiliki warna kuning bersampingan dengan warna putih yang artinya kubus ini menganut Japanese color scheme. Cukup aneh mengingat untuk Rubik's cube (3x3x3) menggunakan BOY (Western) color scheme yang berarti putih berseberangan dengan kuning, merah dengan orange, hijau dengan biru.

3 komentar:

Real Pro mengatakan...

Ya pusing juga tuh cubenya. Tapi setelah saya pake kaos Rubiks Cube addict pusingnya tiba-tiba hilang.(cuma numpang iklan). Mohon maaf ni mas mau buka lapak disni boleh ga?.

Silahkan kunjungi blog ini bagi yang tertarik membeli kaos rubiks: http://real-pro.blogspot.com/2010/03/pre-order-kaos-rubiks.html

Sekali lagi maap nie.

The12thPlayers mengatakan...

rubiks-indonesia
nice blog friends , hhe sukses deh buat blog nya

Dzulfikar Abdul F mengatakan...

Saya juga males ngapalin parity oll, kalau untuk parity pll sih saya udah bisa