Kamis, 08 Januari 2009

Cubers : The Documentary

Cubers merupakan sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Richard LeBlanc dan diproduseri Walter Forsyth. Film yang menghabiskan dana Puluhan ribu dollar ini berkisah tentang para cuber dari berbagai belahan dunia seperti israel, inggris, Amerika Serikat, dan Prancis yang bersiap siap untuk menghadapi kejuaraan Speedcubing Internasional yang diadakan bertepatan dengan perayaan ke 25 tahun Mainan Rubik's Cube.

The Story
Kisah dari Film inibergulir diseputar latar belakang dari beberapa speedcuber termasuk persiapan, dan kisah dibalik kegemarannya terhadap Rubik's cube. Seorang pemuda dari israel lahir ditengah penganut Yahudi murni, didukung penuh oleh Ayahnya, pemuda ini memiliki impian agar namanya tercatat dalam Guinnes Book of Record sebagai Pemain Rubik dengan mata terpejam (Blindfolded) tercepat di dunia. Hari Harinya dipenuhi oleh obsesinya mencatat sejarah bagi keluarganya. Lain halnya dengan Rafael (Gambar disamping). Pemuda asal Mexiko ini berdomisili di Amerika serikat. Awalnya dia memiliki seorang saudara kembar perempuan yang meninggal di usia Remaja. Permainan Rubik's cube ini adalah pelariannya setelah ia kehilangan saudara kembarnya. Hari harinya ia isi dengan permainan ini dan berharap bisa mendapatkan sebuah prestasi tertentu di kejuaraan dunia yang akan datang. Lain halnya dengan Jean Pons, pemuda asal prancis yang sangat berambisi untuk menjadi juara dunia. Dia berlatih sangat intensif, bahkan memiliki pelatih pribadi.
Overview
Secara umum, film ini sangat menarik. Ceritanya bergulir dengan menarik, sedikit emosional, dan enak ditonton bahkan bagi orang yang sama sekali tidak mengerti dunia speedcubing. Namun bagi sesama speedcuber, film ini dinilai dapat memicu pemahaman yang salah tentang speedcubing. Penonton dapat beranggapan bahwa para pemain speedcubing adalah stereotype dari para ambisius, antisosial, nerd, dll. Cubers juga seolah menyampingkan kenyataan bahwa meskipun permainan ini berasal dari eropa (Hungaria), para master dari permainan ini justru di dominasi oleh orang Asia.
Film dokumenter lain yang tengah dinantikan adalah Cubefreak yang rencananya akan dirilis di awal tahun 2009. Berbeda dengan Cubers yang menjadikan random speedcuber sebagai subjeknya, Cubefreak bersubjek para Master dari speedcubing seperti Shotaro Makisumi, Leyan Lo, Tyson Mao, Sunil, dll.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ada link buat ngedownload filmnya gak ?? :)